2weird 2Fobia

Apa kamu punya fobia, sebuah rasa takut yang laten? Ketakutan yang sedari kecil hingga saat ini masih terasa. Jika iya, apa fobiamu?

Saya mau bercerita tentang fobia yang saya miliki. Entah darimana asalnya dan apa penyebabnya, saya sendiri belum paham sampai sekarang. Yang saya tahu hanyalah saya merasa takut jika membayangkan, apalagi bertemu fobia tersebut.

Saya memiliki dua jenis fobia, pertama trypophobia (takut lubang) dan arachnopobia (takut laba-laba). Mungkin terasa lucu jika seseorang harus merasa takut terhadap lubang, atau seekor laba-laba yang (secara ukuran) lebih kecil dari manusia. Tapi begitulah yang saya rasakan. Sedikit penjelasan tentang dua fobia yang saya miliki;

Trypophobia
Dari hasil pencarian saya, adalah jenis rasa ketakutan atau jijik yang luar biasa dan berlebihan terhadap lubang-lubang yang padat dan banyak. Orang yang mengalami kondisi ini merasa tidak nyaman dan terganggu saat melihat permukaan yang memiliki lubang-lubang kecil dalam jumlah banyak yang berdekatan. Saya sendiri terkadang masih berpikir, apa sih yang bikin saya takut, merinding, jika melihat lubang-lubang kecil dalam jumlah banyak.

Arachnophobia
Jenis ketakutan spesifik terhadap laba-laba. Saya mulai merasakannya ketika kecil, saat melihat hewan tersebut di pojok atap rumah. Secara tiba-tiba, badan saya merinding semua. Padahal ukuran hewan tersebut tidak lebih besar dari telapak tangan.

Saya pernah mencoba mencari cara untuk menghilangkan fobia laba-laba ini, dengan cara terus memperhatikan hewan tersebut. Tapi yang ada, lama kelamaan saya malah berkeringat dingin. Cara lainnya juga saya coba yaitu, menonton film tentang laba-laba. Film memang berhasil saya tonton sampai selesai, tapi film tersebut malah menjadi momok menakutkan setiap saya bertemu hewan berkaki delapan tersebut.

Apa kalian punya solusi yang lebih baik? Atau malah kalian sendiri juga punya fobia yang masih ada sampai sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.