Kasus-Kasus Perdana Poirot

‘Kasus-kasus perdana Poirot’ adalah salah satu buku karya Agatha Christie yang saya beli di Gramedia Bandar Lampung pada tahun 2006. Buku ini sedikit berbeda dari seri ‘Hercule Poirot’ yang lain, mengapa? Biasanya dalam satu buku memuat satu kisah sampai selesai, sedangkan versi ini memuat beberapa kisah atau beberapa kasus, sehingga cerita di dalamnya lebih mirip cerpen. Di dalam buku ini, total ada 18 judul dalam satu buku.

Meskipun tergolong singkat, kecerdasan Agatha Christie dalam menulis tetap menjadi ciri khasnya. Pembaca diajak ikut berpikir dan menduga para pelaku kejahatan namun, tetap pada akhirnya beliau selalu memberikan kejutan-kejutan pada hasil akhir analisis Hercule Poirot. Misalnya, pada bagian pertama cerita (pembunuhan di pesta dansa) Di saat Poirot menjelaskan analisisnya, dia mengatakan hal sederhana tentang petunjuk. Padahal dari awal cerita, petunjuk tersebut sudah nampak. Sebuah trik psikologis yang digunakan pelaku, bahkan berhasil mengecoh seorang dokter dan para saksi yang ada.

Berikut penggalan kalimatnya:

…Sebaliknya, ia diberitahu bahwa korban masih terlihat hidup sepuluh menit sebelumnya…

Lalu pada cerita ke-10 (kasus kotak coklat), ada sebuah petunjuk sederhana yang justru menjadi petunjuk utama dalam pemecahan kasus.

Petunjuk yang sangat sederhana:

…Kotak itu sendiri berwarna merah muda, tapi tutupnya biru. Sering kali orang melihat pita biru pada kotak merah jambu atau sebaliknya, tapi kotak dengan tutup berwarna lain-tidak. Pasti -ca ne se voit jamais…

Dan banyak lagi cerita menarik lainnya yang bisa membuat kita kagum dengan kecerdasan Hercule Poirot ini; atau lebih tepatnya si pengarang, Ny Agatha Christie.

Saat ini, saya memiliki beberapa koleksi e-book dan beberapa buku fisik. Kisah menarik lainnya akan saya ulas di kesempatan mendatang.

Demikian ulasan singkat saya. Jika kalian tertarik, kalian bisa membeli bukunya di toko buku kota kalian. Atau, untuk versi e-book, kamu bisa download di sini (untuk judul ini)

Leave a Reply

Your email address will not be published.